Esport.id – Sama seperti industri lainnya, esport juga memiliki brand ambassador yang akan membantu dalam mempromosikan tim hingga untuk sponsorship. Secara umum brand ambassador dianggap sebagai salah satu duta merek yang memiliki tujuan untuk melakukan promosi dan mengenalkan produk atau jasa. Hal ini juga berlaku untuk esport yang diterapkan melalui individu hingga tim atlet sekalipun. Pemilihan brand ambassador juga harus didukung dengan berbagai kriteria penting. Biasanya dalam industri esport akan menggunakan individu perempuan untuk menjadi brand ambassador. Penampilan personal perempuan sebagai brand ambassador dalam esport tentu saja karena mayoritas audiens dan gamers adalah pria. Ini menjadi strategi bisnis yang cukup jitu.
Tugas dan tanggungjawab brand ambassador dalam esport
Masing-masing brand ambassador dalam esport memiliki tugas dan tanggungjawab yang berbeda-beda. Hal ini juga disesuaikan dengan visi dan misi dari management hingga tim. Selain itu, brand ambassador juga perlu mengenalkan dan melakukan promosi berkaitan dengan tim. Hal ini untuk membuat tim lebih dikenal oleh target audiens yang lebih luas. Dampak yang akan dihasilkan dari promosi dan pengenalan itu juga akan berkaitan dengan keuntungan bisnis hingga finansial. Ada juga tugas lain dari brand ambassador dalam esport seperti:
1. Melakukan promosi dan mengenalkan tim
Salah satu dari brand ambassador dalam esport yang harus kamu tahu selalu berkaitan dengan kegiatan promosi. Biasanya kegiatan ini akan berhubungan dengan pengenalan seluruh bagian tim, termasuk management. Brand ambassador memiliki target untuk menjangkau lebih banyak dan lebih luas fans dari tim. Promosi yang dilakukan bisa secara langsung atau melalui media sosial. Semakin tinggi intensitas dari promosi yang dilakukan maka hal ini akan memberikan nilai tambah yang maksimal terhadap dukungan pada tim. Bahkan, brand ambassador juga akan membantu untuk membuat nilai merek dari tim semakin lebih tinggi.
2. Membantu membangun branding tim
Tugas lain yang harus dilakukan brand ambassador tentu saja ikut membantu dalam membangun branding tim. Hal ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan nilai jual yang dimiliki tim. Bahkan, banyak brand ambassador yang menggunakan berbagai atribut dengan logo dari tim. Konsep pembangunan brand ini juga disesuaikan dengan target dari management tim. Tentu saja ini akan memberikan nilai keuntungan yang sangat besar bila target terpenuhi. Biasanya metode ini untuk meningkatkan seluruh penjualan dari merchandise. Namun, brand ambassador juga harus ingat bahwa branding yang dilakukan juga akan melibatkan banyak media, termasuk beriklan di media sosial.
3. Ikut dalam pengembangan komunitas penggemar
Ini merupakan salah satu tanggungjawab yang harus dilakukan para brand ambassador. Banyak penggemar dari tim yang memang ikut mendukung karena adanya brand ambassador. BA harus berpartisipasi dalam pengembangan komunitas penggemar. Hal ini dimulai dengan mengikuti berbagai kegiatan yang melibatkan banyak penggemar sekaligus. Selain itu, BA akan menyumbangkan berbagai ide dari seluruh kegiatan yang dilakukan selama proses pengembangan komunitas penggemar. Semakin sering kegiatan dalam pengembangan komunitas penggemar ini maka tim esport juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
4. Berhubungan langsung dengan media
BA juga memiliki tanggungjawab untuk berkontribusi langsung dalam komunikasi dengan media. Bahkan, sebagian besar dari tim esport juga menugaskan para BA untuk menjadi perantara dari awak media. Cara seperti ini memang dilakukan untuk memudahkan proses pemberian informasi kepada media. Biasanya seluruh informasi yang diberikan itu akan berkaitan dengan perkembengan tim termasuk seluruh hasil turnamen yang dimiliki. Pada kesempatan ini para BA juga bisa membantu dalam meningkatkan valuasi dari brand tim esport dengan selalu muncul di banyak media. Hal ini akan membuat jumlah penggemar semakin bertambah untuk jangka waktu yang lebih lama.
5. Membantu dalam pembuatan konten untuk tim
Brand ambassador juga memiliki tugas untuk membantu dalam pembuatan konten pada tim. Biasanya konten seperti ini berkaitan dengan skill dari masing-masing tim. Bahkan, beberapa BA juga sering menjadi komentator dari setiap turnamen yang diikuti tim. Kemampuan komunikasi yang baik memang sangat dibutuhkan bagi BA untuk menghadirkan konten yang sangat berkualitas. Apalagi seluruh konten ini juga dipublikasikan melalui banyak media online hingga media sosial. Semakin banyak konten yang menampilkan BA maka hal itu juga akan memberikan keuntungan bagi BA dan management tim.
6. Selalu hadir dalam turnamen dan pertandingan esport
Tugas lain yang harus dipenuhi para BA di tim esport tentu saja selalu hadir dalam setiap turnamen yang diikuti. Metode seperti ini sering dilakukan untuk memberikan semangat pada tim dan juga membantu branding menjadi lebih baik. Bahkan, kehadiran BA juga membuat para penggemar ikut mendukung tim yang sedang bertanding. Tentu saja brand ambassador yang hadir pada turnamen ini akan menggunakan apparel khusus dengan tampilan logo dari tim.
Discussion about this post