Esport.id – Esport memang masih menjadi salah satu cabang olahraga digital yang masih berkembang. Namun, potensi bisnis yang dimiliki cabang olahraga ini juga sangat menguntungkan. Bahkan, esport juga sudah dianggap sebagai industri yang melibatkan banyak elemen termasuk regulator hingga developer. Saat ini sudah banyak game yang masuk dalam kategori esport. Potensi pertumbuhan gamers juga terus meningkat setiap waktu. Hal ini juga yang harus dipertimbangkan bagi para investor. Kamu juga bisa mengambil bagian penting dalam pengembangan bisnis esport ini. Misalnya saja dengan ikut berperan pada pemasaran bisnis dalam esport. Apalagi ada banyak tim yang membutuhkan metode pemasaran terbaik.
Metode pemasaran bisnis dalam esport
Kamu bisa menerapkan berbagai pilihan metode dalam pemasaran bisnis dalam esport. Masing-masing dari metode ini memang memiliki karakter bisnis yang akan ikut dalam mengembangkan industri secara keseluruhan. Bahkan, metode pemasaran ini membuat tim dari esport akan mendapatkan keuntungan finansial yang lebih baik. Namun, kamu juga harus ingat bahwa pemasaran yang diterapkan juga harus disesuaikan dengan kekuatan dari tim itu sendiri. Branding, reputasi hingga prestasi dari tim esport akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Berikut ini ada beberapa pilihan metode yang ideal untuk pemasaran bisnis dalam esport seperti:
1. Branding
Ini merupakan salah satu metode pemasaran bisnis dalam esport yang memberikan dampak sangat besar. Branding akan dibutuhkan bagi seluruh tim untuk meningkatkan keuntungan dalam finansial. Selain itu, potensi dari bisnis seperti ini juga akan terus berkembang. Tentu saja ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk branding pada tim esport. Hal ini dimulai dengan menentukan nama tim, pembentukan management hingga penggunaan logo. Seluruh elemen ini akan diintegrasikan dengan sangat baik untuk menjangkau target audiens. Sebagian besar dari tim juga memaksimalkan branding dengan meningkatkan target dari tim pada turnamen. Biasanya semakin populer tim yang ikut dalam turnamen maka akan semakin besar juga potensi bisnis yang akan dikembangkan.
2. Dukungan brand ambassador
Rekomendasi lain dari metode yang bisa diterapkan untuk peningkatan bisnis esport dengan mencoba brand ambassador. Ini merupakan salah satu metode yang sangat ideal untuk menjangkau lebih banyak komunitas penggemar dari tim esport. Biasanya brand ambassador yang digunakan merupakan wanita yang memiliki hobi esport. Semakin banyak game yang bisa dikuasai dari brand ambassador itu maka akan semakin menarik perhatian dari target audiens. Hal ini tentu saja akan memberikan nilai keuntungan finansial dari pengembangan bisnis. Namun, kamu juga harus ingat bahwa biaya yang dibutuhkan untuk dukungan brand ambassador biasanya cukup besar.
3. Memanfaatkan konten digital
Kamu juga bisa mencoba untuk memaksimalkan seluruh konten digital yang mendukung dari pengembangan bisnis esport. Metode seperti ini sering dilakukan untuk menjadi media informasi dari perkembangan tim esport. Konten yang diproduksi dari setiap tim digunakan untuk promosi dan mendukung branding. Apalagi konten seperti ini juga bisa memberikan pengaruh terhadap pengetahuan dari seluruh komunitas penggemar tentang strategi hingga prestasi yang dimiliki dari tim esport. Management tim esport harus menggunakan para professional untuk memproduksi konten digital. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan konten yang memiliki kualitas terbaik. Apalagi seluruh konten itu juga bisa menjadi elemen penting dalam meningkatkan potensi keuntungan finansial.
4. Memaksimalkan seluruh platform
Pemasaran bisnis yang dilakukan untuk esport harus diterapkan melalui banyak pilihan platform. Biasanya platform digital akan menjadi pilihan yang sangat ideal. Apalagi saat ini ada banyak pilihan platform digital yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis esport. Kamu bisa menggunakan sosial media untuk meningkatkan potensi keuntungan bisnis yang lebih besar. Selain itu, metode ini juga memudahkan kamu dalam menjangkau lebih banyak penggemar. Beberapa pilihan platform digital yang digunakan seperti Youtube, Facebook gaming, twitch, twitter, instagram hingga tiktok. Cobalah untuk menggunakan seluruh platform digital ini.
5. Community development
Metode lain yang bisa kamu gunakan tentu saja dengan menerapkan pengembangan komunitas penggemar. Metode seperti ini dilakukan untuk meningkatkan loyalitas dari para penggemar kepada tim esport. Salah satu cara yang dilakukan dengan melakukan gathering dari sebagian besar penggemar dengan atlet atau bagian dari tim esport. Metode ini juga membantu kamu untuk mengembangkan management tim melalui masukan yang diberikan dari komunitas penggemar.
6. Merchandise
Kamu juga bisa memaksimalkan pemasaran bisnis melalui merchandise. Metode seperti ini justru akan memberikan nilai keuntungan finansial yang lebih besar. Hal ini akan sangat berhasil bila branding yang diterapkan untuk tim juga sudah baik. Management tim bisa menawarkan berbagai apparel yang memiliki logo dari tim. Keuntungan lain dari metode ini justru akan meningkatkan valuasi dari tim esport. Apalagi bila tim sudah memiliki komunitas penggemar yang sangat loyal.
Discussion about this post